15 Jul 2011

Lain Susu Lain Juga Nutrisinya

twinklestar community - Siapa bilang semua susu itu sama? Mungkin dari warna dan bentuknya (ada yang cair, ada juga yang bubuk) iya, tapi kandungan di dalamnya ternyata sangatlah berbeda. American Dietetic Association (ADA) mengungkapkan bahwa beberapa produk memang diperkaya dengan Vitamin D, tetapi ternyata ada produk jenis lain yang memiliki kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi manusia yang memiliki masalah dengan sebuah zat.

 


Berikut sejumlah susu yang dimaksud oleh ADA (lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing):

1. Susu Sapi
Kelebihan : Produk jenis ini sangat kaya kalsium dan memiliki protein dua kali lebih banyak dibanding susu tipe lain. Walau ada beberapa jenis susu sapi, yang non lemak atau rendah lemak, masing-masing memiliki kandungan nutrisi hampir sama.
Kekurangan: Bagi penderita laktosa intoleran, susu sapi bisa mendatangkan masalah khususnya dalam hal pencernaan seperti diare atau perut kembung.

 

2. Susu Kedelai
Kelebihan: Susu kedelai kaya protein dan kalsium serta tidak memiliki lemak jenuh. Produk jenis ini juga rendah kalori dan memiliki berbagai rasa.
Kekurangan: Produk kedelai bisa menghambat penyerapan protein dan mineral. Sejumlah penelitian sempat merilis hasil yang menyatakan kedelai memiliki peran meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita yang mengonsumsinya.

 

3. Susu Kambing
Kelebihan: Produk jenis ini sangat mudah dicerna karena molekul proteinnya berbeda bentuk dengan protein susu sapi. Tidak hanya itu, penelitian menujukkan susu kambing mengandung lebih banyak triptophan dan asam amino esensial.
Kekurangan: Seperti halnya susu sapi, susu kambing juga mengandung laktosa sehingga ini akan menimbulkan gangguan bagi penderita laktosa intoleran. Bau yang cukup menyengat juga merupakan kekurangan bagi susu jenis ini.

 

4. Susu Almond
Kelebihan: Menurut ADA, susu almond merupakan produk yang cukup populer di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir ini. Susu yang merupakan olahan campuran antara kacang air dan pemanis ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Salah dua lain kelebihan dari susu ini, susu almond tidak banyak mengandung lemak dan memilikirasa yang beraneka ragam.


Kekurangan: susu almond termasuk sedikit mengandung protein, yakni sekitar 1 gram per cup, jauh lebih sedikit dibanding susu kedelai atau susu sapi yang mengandung 7-8 gram per cup. Bagi orang yang alergi kacang dan kekurangan vitamin B, tidak direkomendasikan mengonsumsi produk ini.

Masih ada sejumlah produk lain sebenarnya seperti susu beras, susu mentah, dan susu organik yang diungkapkan ADA, tetapi keempat produk diatas rasanya sudah cukup untuk memberitahukan kepada Anda bahwa setiap produk susu memiliki plus minus masing-masing. Tidak ada satu yang “sangat lebih” dari yang lain. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.


0 komentar:

Posting Komentar