3 Mei 2011

Perubahan Hidup Yang Menjadikan Umur Panjang

main_img

Hidup lebih lama mungkin jauh lebih mudah dari apa yang Anda pikirkan, sebagaimana dilaporkan oleh Harvard Medical School. Laporan tersebut dimulai dengan mengatakan bahwa wanita setengah baya dan lansia perlu mengkuatirkan masalah kesehatan tertentu – osteoporosis, kanker payudara, kanker ovarium dan penyakit jantung. Hal itu tidaklah mengejutkan. Namun apa yang menjadikan laporan ini spesial adalah perhatian terhadap perubahan kecil dari gaya hidup wanita dapat menciptakan perbaikan kesehatan yang signifikan.
Menurut laporan tersebut,
kebiasaan makan yang sehat – seperti mengganti lemak hewani dengan minyak nabati – dapat mengurangi resiko serangan jantung hingga 50%. Perubahan empat gaya hidup – berhenti merokok, menjadi lebih aktif, mengurangi tekanan darah dan mengontrol diabetes – sangat mengurangi kemungkinan para wanita akan berakhir di panti jompo.
Dr. Celeste Robb-Nicholson, editor medis dari laporan tersebut mengatakan, “Satu hal yang saya pelajari dari pasien saya adalah setiap wanita itu unik, tidak hanya dari segi genetik namun juga dari pengalaman hidupnya. Dan usia setiap wanita itu berbeda. Dan hasilnya, masalah kesehatan Anda tidak mungkin sama dengan mereka saat 30 tahun yang lalu, dan tidak pula mirip dengan kondisi kesehatan teman Anda.”
Di antara bagian yang paling menarik dari laporan ini adalah salah satu point yang bertajuk “menangani masalah-masalah yang mengganggu”.
Di antaranya termasuk gejala-gejala menopause persisten. Dan sementara estrogen menjadi kambing hitam selama beberapa dekade untuk masalah ini, studi pada akhir tahun 1990-an menunjukkan terapi hormon mungkin sebenarnya dapat meningkatkan resiko serangan jantung.
Pendekatan non hormonal akan gejala menopause yang disarankan penelitian termasuk: 
  • Berpakaian dengan lapisan yang mudah dilepas dan mengurangi hawa panas.
  • Tidur di ruanganyang sejuk untuk menghindari gangguan tidur dari hawa panas.
  • Menggunakan pelumas dan pelembab untuk meringankan rasa kering dan gatal pada vagina.
  • Menggunakan resep anti depresan untuk menghilangkan depresi dan serangan panas.
  • Berolahraga secara teratur seperti jalan cepat, terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan membantu masalah tidur pada wanita usia 50-63 tahun.
Tentu saja, laporan ini mencakup pemahaman akan resiko kesehatan seperti Alzheimer dan stroke. Sementara itu, bagi semua wanita – bahkan mereka yang belum mengalami menopause – laporan ini merujuk pada 10 langkah untuk hidup lebih lama dan hidup lebih sehat.
Langkah-langkah tersebut adalah: 
  1. Hindari asap rokok, pisahkan diri Anda dari perokok. Jadilah seorang yang cerewet dan beritahu siapa saja yang Anda kenal untuk berhenti merokok.
  2. Terus bergerak. Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan Amerika menyarankan agar setiap orang dewasa setidaknya memiliki 150 menit aktivitas aerobik dalam seminggu. Setiap sesi paling tidak dilakukan selama 10 menit.
  3. Makan dengan mengikuti pola diet Mediterania yang mengkonsumsi sebagian besar makanan nabati, membatasi protein hewani hanya untuk ikan dan unggas, menggunakan minyak zaitun sebagai lemak utama.
  4. Pikirkan indeks massa tubuh Anda. Obesitas meningkatkan resiko diabetes dan secara substansial meningkatkan resiko berkembangnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan batu empedu.
  5. Angkat gelas, tapi hanya satu. Efek alkohol menjadi lebih berbahaya bagi wanita karena rasio lemak air tubuh terus berkurang selama bertahun-tahun.
  6. Jangan berutang tidur. Bukti medis menunjukkan bahwa kita memerlukan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap hari, tetapi lebih dari 60 persen wanita secara teratur gagal memenuhi waktu tersebut.
  7. Jadilah advokat terbaik bagi diri Anda sendiri pada isu-isu kesehatan.
  8. Tetap terhubung. Wanita tua yang tetap aktif secara sosial hidup lebih lama dan lebih sehat daripada rekan-rekan mereka yang tertutup.
  9. Hindari stres. Temukan tekhnik untuk mengurangi stres dan dampaknya.
  10. Gunakan suplemen yang selektif. Para ahli sepakat cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi adalah melalui makanan. Hanya kalsium dan vitamin D, yang sangat penting untuk memelihara kepadatan tulang, merupakan suplemen yang disarankan. Dan hal itu termasuk 1.200 mg kalsium dan 1.000 mg vitamin D.

0 komentar:

Posting Komentar