9 Jun 2011

Sejarah Lahirnya Bau Badan di Tubuh Kita

twinklestar - Pada waktu kita masih bayi, kita belum memiliki bau badan tapi memiliki bau khas yang disebut dengan ‘milky’. Semakin dewasa, seseorang bisa memiliki bau badan. Pertanyaannya, di usia berapakah bau badan seseorang mulai muncul? Bau badan muncul ketika setiap orang mengalami pubertas.
main_img


Jenis-jenis kelenjar keringat
Tubuh manusia memiliki dua kelenjar keringat, yaitu kelenjar keringat eccrine dan juga kelenjar keringat apocrine.
Kelenjar keringat eccrine ini sebagian besar mengandung air dan garam serta merupakan bagian dari sistem pengkondisian udara tubuh, seperti penguapan untuk menjaga tubuh tetap dingin. Tubuh bayi harus tetap dingin, sehingga kelenjar ini dapat mulai bekerja jauh sebelum anak-anak mencapai pubertas. Tentu saja dingin di sini, tidak mencapai suhu beku tapi punya dingin yang normal.
Kelenjar keringat apocrine berada di akar rambut dan mengandung asam lemak, protein serta lebih tebal dibandingkan dengan kelenjar keringat eccrine. Kelenjar ini tidak dikeluarkan untuk mendinginkan tubuh, tapi dikeluarkan ketika seseorang merasa di bawah tekanan (stress emosional, stress fisik dan juga karena gairah seksual). Kelenjar inilah yang menimbulkan bau dan belum bekerja jika seseorang belum mencapai pubertasnya.

Bagaimana cara kelenjar menghasilkan bau badan
Howstuffworks mengatakan bahwa ada bakteri yang hidup di kulit seseorang sehingga berperan dalam menimbulkan bau badan. bakteri ini mulai diproduksi dan muncul setelah seseorang memasuki usia pubertas. Usia pubertas tiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan juga ras. Pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi antara 9-13 tahun, sedangkan pubertas pada anak laki-laki terjadi antara 10-14 tahun.
Keringat itu sendiri tidak sepenuhnya menyebabkan bau badan. Tubuh manusia memiliki 2.6 juta kelenjar keringat yang mengeluarkan keringat setiap harinya. Bau badan yang dikeluarkan oleh keringat disebut dengan bromhidrosis.
Bakteri di tubuh akan tertarik dengan asam lemak dan protein pada keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apocrine. Selama bakteri memproses zat ini, maka bakteri akan menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan bau badan.

Cara menghilangkan bau badan
Cara untuk menghilangkannya cukup sederhana. Jangan gunakan produk deodoran yang tidak sehat, tapi penuhilah tubuh dengan asupan makanan yang sehat. Kenapa bisa begitu? Karena jika ketiak memiliki bau yang tidak sedap, itu berarti bahwa tubuh membutuhkan makanan yang bisa memperbaiki kondisi tubuh yang kurang sehingga Anda perlu makanan. Hindari makanan yang bisa menimbulkan bau ketiak, seperti daging merah yang merupakan penyebab nomor satu bau ketiak. Selain itu, hindari juga makanan junk food atau makanan siap saji.
Jika bau badan menghadang Anda, jangan makan daging merah dulu. Jangan memakai deodoran karena campuran antara deodoran dan bau badan akan menyebabkan bau yang lebih tidak karuan lagi. Perbanyak makan sayur mudah-mudahan bisa membantu.

0 komentar:

Posting Komentar